Tips Menyamarkan Keriput Dengan Mudah

Tips menyamarkan keriput - Seiring dengan bertambahnya usia, Kulit pun juga akan mengalami penuaan disebabkan oleh menurunnya jumlah kolagen. Kulit menjadi semakin kering, kasar dan berkurang ke elastisannya. Efek sampingnya adalah munculnya garis-garis halus dan kerutan.

Tips menyamarkan keriput
Keriput merupakan garis, lipatan atau kerutan yang muncul pada kulit manusia. Hal ini merupakan sesuatu yang alamiah dan merupakan tanda utama dari proses penuaan. Keriput pada umumnya muncul pada bagian kulit yang lebih sering terkena paparan sinar UV dari cahaya matahari seperti leher, tangan dan muka.

Sebelum lanjut ke tips menyamarkan keriput, ada baiknya kalau anda mengetahui terlebih dahulu faktor apa sajakah yang dapat menyebabkan munculnya keriput diwajah, Dikutip dari halaman alodokter, berikut ulasanya :

Faktor penyebab munculnya keriput

  • Usia : Tingkat elastisitas kulit manusia akan semakin berkurang seiring dengan bertambahnya usia. Hal ini terjadi secara alamiah dikarenakan menurunnya produksi kolagen dan lemak yang akan menjadikan kulit semakin kering dan keriput.
  • Gestur / Ekspresi wajah : Terdengar sepele memang tetapi apakah anda tahu bahwa ternyata kebiasaan dalam mengekspresikan wajah juga merupakan salah satu faktor yang mempercepat munculnya keriput. Orang yang suka menyipitkan mata atau mengerinyitkan dahi biasanya kan lebih mudah keriput. Apabila dijelaskan secara ilmu kedokteran, hal ini disebabkan ketika orang sering melakukan ekspresi tersebut maka otot wajah akan membentuk lekukan di bawah permukaan kulit. Seiting dengan bertambahnya usia, otot wajah manusia akan making kehilangan kelenturannya sehingga lekukan akan semakin jelas terlihat.
  • Paparan sinar matahari dan UV : Salah satu faktor yang mempercepat proses penuaan kulit adalah radiasi sinar ultraviolet (UV) dalam jangka yang panjang. Fakta dilapangan menyebutkan bahwa lebih dari 79% penyebab kulit keriput disebabkan oleh radiasi sinar UV. Hal ini dikarenakan paparan sinar UV merusak kolagen dan elastin yang berada di dalam lapisan kulit (dermis) manusia sehingga menyebabkan kulit menjadi kendur dan keriput lebih cepat.
  • Merokok : Rasanya tidak akan ada habisnya apabila kita membahas berbagai efek negatif yang disebabkan oleh rokok. Ternyata rokok juga menjadi faktor penyebab kulit keriput. Kandungan utama yang tedapat di dalamnya yaitu nikotin mampu menyebabkan penyempitan pembuluh darah di lapisan luar kulit. Kondisi tersebut menimbulkan efek buruk yaitu terganggunya aliran darah ke kulit kita yang berujung pada kurangnya asupan nutrisi dan oksigen pada kulit. Selain itu, kandungan 3000 lebih zat kimia yang terdapat di dalam rokok merusak kolagen dan elastin sehingga keriput akan muncul lebih cepat.
Selain beberapa faktor yang sudah dibahas di atas, masih ada juga beberapa faktor yang menjadi pemicu munculnya keriput lebih cepat, seperti:
  • Keturunan / faktor genetik
  • Pengaruh obat-obatan
  • Stress yang tinggi
  • Kekurangan melanin
  • Kurang olahraga
  • Perubahan hormon
  • Pola tidur yang kurang baik
  • Penurunan berat badan
  • Program diet
  • dll

Tips menyamarkan keriput dengan menggunakan makeup

Anda tidak perlu terlalu khawatir karena keriput bisa disamarkan dengan menggunakan make up. Berikut ini adalah 10 tips yang bisa anda lakukan untuk menyamarkan keriput di wajah dengan menggunakan make up.

1. Oleskan Primer

Dengan mengoleskan primer di wajah maka akan menciptakan dasar riasan yang sempurna karena garis-garis halus dan keriput akan tertutupi. Setelah itu make up akan dapat diaplikasikan dengan merata dan sempurna.

Anda dapat mengoleskan primer dangan menggunakan kuas kecil atau ujung jari. Oleskan primer pada beberapa titik wajah seperti pipi, dagu, tengah dahi, hidung dan pada area wajah yang terdapat garis-garis halus. Setelah itu silahkan ratakan dengan menggunakan tangan maupun kuas make up.

2. Penggunaan highlighter dan blush on

Untuk menyamarkan keriput maupun noda hitam pada wajah, anda dapat mengoleskan highlighter pada ke pipi lalu dilanjutkan dengan memulaskan blush on. Highlighter cukup efektif dalam membantu menyamarkan garis-garis halus dan juga kerutan serta membuat kulit tampak lebih bersinar.

Disarankan untuk memilih blush on bewarna peach dan pink kemerahan. warna peach dan pink kemerahan cocok untuk warna kulit sedan dan gunakan warna oranye/ coral untuk warna kulit yang agak gelap. Cukup pulaskan blush on secara merata pada tulang pipi dan jangan hanya memulaskannya di atas tulang pipi saja karena akan terlihat tidak natural dan juga lucu.

3. Fokus pada mata

Sebaiknya anda menghindari penggunaan eyeliner cair dan riasan mata yang berkilau karena kedua tipe riasan ini akan menempel pada area kulit keriput  dan membuatnya semakin nampak jelas terlihat. Eyeshadow mattle atau pensil eye liner merupakan pilihan yang baik. Untuk pilihan warna sebenarnya tergantung selera tetapi kami menyarankan anda untuk memilih warna nuansa alam seperti hijau atau coklat.

4. Oleskan Foundation

Anda dapat melanjutkan untuk mengoleskan foundation setelah primer. Foundation juga bermanfaat untuk melembabkan kulit, Gunakan spons bsah untuk mengoleskan foundation secara merata pada seluruh bagian wajah untuk hasil yang optimal.

5. Angkat Sel-sel kulit mati

Untuk mengangkat sel kulit mati, anda dapat melakukan eksfolasi. Ini lumayan penting untuk dilakukan agar riasan yang akan dipakai benar-benar bisa diaplikasikan secara merata. Pengelupasan kulit mati juga akan membantu untuk mencerahkan kulit wajah serta meningkatkan produksi kolagen. Kolagen bertanggung jawab atas kekencangan dan kekenyalan kulit kita.

6. Sempurnakan bibir

Untuk membantu mengunci lipstik yang dipoleskan, sebelumnya anda dapat mengaplikasikan primer terlebih dahulu.. Dilanjutkan dengan menggariskan lip liner pada garis bibir lalu mengoleskan lipstik favorit anda.

Untuk anda yang sudah memiliki keriput sebaiknya hindarkan penggunaan lipstik bewarna matte. Karena jenis lipstik ini tidak mengandung pelembab yang akan membuat kerutan tampak lebih jelas dan bibir menjadi terlihat keting.

7. Mengoleskan concealer

Untuk menyamarkan keriput anda bisa mengoleskan sedikit concealer pada kelopak mata kemudian meratakannya. Selanjutnya,  untuk menutupi kantung mata dan lingkaran hitam di bawah mata anda dapat mengoleskan foundation pada area bawah mata.

8. Pakailah bedak tabur

Bedak tabur dapat diaplikasikan unruk mengunci foundation can concealer yang sudah dioleskan sebelumnya, Gunakan kuas make up untuk meratakan bedak tabur yang anda gunakan.

9. Melembabkan kulit

Kulit manusia akan makin kehilangan kelembapannya seiiring  dengan bertambahnya usia. Hal ini menyebabkan kulit semakin kering dan keriput makin terlihat jelas.Oleh karena itu, para ahli kesehatan menyarankan kita untuk selalu banyak minum air putih. Selain itu anda dapat mengoleskan pelembab terlebih dahulu sebelum merias wajah.

10. Leher anda juga penting

Tidak hanya bagian wajah saja, namun terkadang keriput juga nampak di bagian leher. Setelah riasan selesai, anda bisa mengaplikasikan sedikit bronzer pada area leher untuk menyamarkan kerutan atau keriput di area tersebut. Anda juga bisa mengoleskan pelembab pada area leher juga untuk menjaga kelembapannya.

Sebenarnya kita tidak perlu malu apabila mulai muncul keriput di wajah kita karena hal itu memang sudah lumrah akan kita alami seiring dengan bertambahnya usia kita. Cantik itu tidak hanya dilihat dari luar saja namun lebih kepada kepribadian masing-masing orang. Oke, itulah tadi sedikit tips menyamarkan keriput dengan mudah dengan menggunakan makeup yang dapat saya bagikan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk share artikel ini ya, terimakasih ....

Belum ada Komentar untuk "Tips Menyamarkan Keriput Dengan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel