Penggunaan Kaca Untuk Dinding Dan Partisi Rumah

Daftar Isi Konten [Tampilkan]
Penggunaan kaca untuk dinding dan partisi ruangan - Selain terlihat lebih modern, penggunaan material kaca akan membuat ruangan nampak lebih luas, bersih dan terbuka dan tentu saja hemat listrik karena tidak membutuhkan lampu yang terlalu banyak.
Pada awalnya kaca hanya diaplikasikan untuk bagian jendela dan bofen saja. Banyak orang yang takut menggunakan banyak kaca pda desain rumah mereka dengan alasan sifat kaca yang rapuh dan mudah pecah.

penggunaan kaca untuk dinding rumah
penggunaan kaca untuk dinding rumah menjadikan rumah terlihat lebih luas dan modern
Namun seiring berkembangnya teknologi, saat ini sudah banyak desainer rumah yang menggunakan kaca yang diaplikasikan untuk dinding ruangan. Bahkan kaca yang berukuran lebih tebal saat ini juga dapat diinjak dan dijadikan material untuk lantai. Saat ini juga banyak rumah minimalis sederhana 2019 yang juga menggunakan kaca sebagai salah satu elemennya.

Saat ini banyak orang yang tertarik untuk menggunakan kaca pada rumah mereka. Berbagai keuntungan bisa didapatkan dengan menggunakan kaca. Selain tampak modern dan mewah, kaca mampu memunculkan kesan dinamis dan ruangan yang lebih luas terutama bagi rumah anda yang berukuran kecil. Rumah akan terlihat lebih bersih, anda pun bebas menikmati pemandangan di luar rumah serta cahaya matahari alami.

Penggunaan dinding kaca seolah olah menghilangkan batasan dalam dan luar ruangan
Penggunaan dinding kaca seolah olah menghilangkan batasan dalam dan luar ruangan
Penggunaan kaca seakan-akan membawa nuansa alami dari luar ruangan ke dalam rumah. Dengan kaca, batas antara sisi dalam dan luar rumah soolah-olah tidak ada. 
Cahaya matahari yang akan dengan mudah masuk ke dalam rumah pun memberikan keuntungan tersendiri. Rumah akan menjadi lebih terang tanpa perlu menggunakan lampu di siang hari sehingga biaya listrik pun akan jauh lebih hemat.

Tak hanya itu, cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah menjadikan rumah lebih sehat. Resiko kelembapan ruangan yang bisa memunculkan jamur bis lebih diminimalisir.
Pada malam hari, kaca mampu menampilkan view romantis dan cantik. Kerlip lampu di malam hari dan juga pemandangan malam seakan terpampang nyata dan hadir di dalam ruangan.
Penggunaan kaca sangat tepat bila dipadukan dengan furnitur dengan finishing mengkilat. Dan untuk menyelaraskannya, anda bisa mengkombinasikannya dengan lantai berbahan kayu atau lantai berwarna gelap.

Kaca yang pada dasarnya transparan membuat kita bisa lebih mudah memadu padankan furnitur dan aksesoris berbagai warna. Kita akan dengan leluasa ber expperimen Dan mengeksplorasi rumah kita.
Untuk semakin memunculkan kesan luas pada bagian interior rumah, anda bisa menggunakan warna netral seperti putih pada bagian langit-langit. Warna putih ini akan membantu memantulkan cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah sehingga ruangan akan terlihat lebih modern dan luas.

Namun, apabila anda sudah memutuskan untuk menggunakan kaca, anda harus memperhatikan arah sinar matahari di sore hari. Sebaiknya anda menghindari pengaplikasian kaca dengan ukuran besar disisi barat karena pada sore hari cahaya matahari akan masuk dan menimbulkan hawa panas di dalam ruangan.

Penggunaan kaca sebagai partisi atau pemisah ruangan


Selain sebagai dinding pembatas dengan area luar rumah, kaca juga bisa diaplikasikan sebagai partisi atau pembatas antar ruang. Sama seperti pada dinding,kaca sebagai partisi juga akan memunculkan kesan luas.

partisi ruangan dari kaca menghadirkan kesan modern dan lebih luas untuk ruangan berukuran kecil
partisi ruangan dari kaca menghadirkan kesan modern dan lebih luas untuk ruangan berukuran kecil
Agar tampak tak terlalu polos dan juga menghindari tertabrak, anda bisa memanfaatkan cutting stiker untuk memodifikasi permukaan kaca. Anda bebas memilih berbagai motif dan corak yang ada. Biasanya di toko bangunan yang besar dijual berbagai macam stiker kaca yang bisa anda beli. Harganya bergantung pada ukuran dan motif yang anda pilih.

3 hal yang harus anda perhatikan sebelum mengaplikasikan kaca


Karakter kaca yang tidak sekokoh dinding tembok biasa tentu saja membuatnya butuh perhatian khusus. Mulai dari bahan, struktur hingga teknik pemasangan, silahkan anda simak penjelasan nya dibawah ini.

1. Jenis kaca yang digunakan


Jenis kaca yang direkomendasikan adalah temperred glass yang tahan benturan dang menghasilkan butiran ketika pecah, berbeda dengan kaca biasa yang akan menghasilkan kepingan ketika pecah. Dari segi keamanan tentu saja temperred glass lebih unggul. Selain itu anda bisa juga menggunakan kaca jenis laminated, yaitu kaca tempered yang disusun dua lapis dan direkatkan dengansealent diantara dua kaca.

desain kamar mandi yang menggunakan kaca sebagai dinding pemisah antar bagian ruangan
desain kamar mandi yang menggunakan kaca sebagai dinding pemisah antar bagian ruangan
Selain lebih tahan benturan, kaca jenis ini pecahannya akan menempel pada sisi kaca. Untuk ketebalan kaca, anda bisa memilih ukuran 5 hingga 15 milimeter tergantung kepada luas permukaan kaca yang akan diugunakan.

2. Bingkai


Ada berbagai macam teknik pemsangan kaca, diantaranya adalah tanpa bingkai (frameless) atau dengan bingkai.Namun untuk frameless bukannya tanpa bingkai sama sekali, namun bingkai tersembunyi ditanam di  lantai dan balok di atas kaca. Untuk lebih amannya, pada bingkai dibuat cerukan sekitar 1,5 cm. Sedangkan untuk teknik pemasangan denga bingkai pada dasarnya sama dengan pemasangan jendela pada umumnya. Untuk bahan bingkai bisa menggunakan kayu atau PVC. Jangan lupa mengaplikasikan sealent diantara kaca agar dapat meredam getaran dan lebih aman.

3. Sealent


Sealent adalah sejenis karet yang diselipkan antra kaca dan bingkai. Dengan sealent, getaran akan mampu di redam dengan lebih baik serta akan menahan merembesnya air masuk ke sela-sela kaca dan bingkai. Yang harus diperhatikan adalah penggantian sealent secara berkala mengingat material yang terbuat dari karet.

Itulah tadi sedikit informasi tentang penggunaan kaca untuk dinding rumah dan juga partisi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda para pembaca. Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Penggunaan Kaca Untuk Dinding Dan Partisi Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel