Cara Mengatasi Mencret Pada Anak Usia 2 - 3 Tahun Dengan Obat Alami

Daftar Isi Konten [Tampilkan]
Cara Alami mengatasi Mencret Pada Anak Usia 2 - 3 Tahun - Mencret / diare merupakan salah satu penyakit yang sering dialami anak-anak. Banyak orang tua yang langsung panik ketika mendapati anaknya terkena diare. Hal ini disebabkan oleh kurangnya info tentang penyakit mencret pada anak yang dimiliki oleh orang tua. Pada artikel ini kami akan memberikan beberapa informasi terkait dengan penyakit ini. Semoga bermanfaat ya.

oabat alami untuk mencret pada anak


Kenalan dahulu yuk dengan penyakit diare / mencret

Diare / mencret merupakan penyakit gangguan pencernaan yang bisa dialami baik oleh anak-anak hingga orang dewasa. Tanda utamanya adalah perubahan bentuk atau konsistensi feses (tinja) dari lembek hingga cair. Biasanya pasien yang terkena penyakit diare juga akan meningkat frekuensi buang air besarnya bisa hingga 3 kali sehari. Atau bahkan pada tingkatan yang lebih parah bisa mencapai 5 kali atau lebih.

Walaupun diare perupakan gangguan yang sering ditemukan pada anak-anak dan sepertinya sudah biasa, fakta dari WHO menyebutkan bahwa diare merupakan salah satu penyebab kematian yang paling banyak yaitu 1,5 juta jiwa pertahunnya, termasuk anak-anak.

Apa aja sih gejala dan penyebab anak diare?

Selain yang sudah disebutkan diatas yaitu perrubahan bentuk serta konsistensi tinja, ada gejala lain dari penyakit diare yang harus orang tua ketahui. Diare dapat disertai dengan gejala lainnya seperti mual, demam, muntah, nafsu makan menurun dan dehidrasi. Diare bisa dikategorikan menjadi 2 yaitu diare akut ( kurang dari 2 minggu ) dan diare kronis ( lebih dari 2 minggu ).

Penyebab diare akut pada anak

  1. Infeksi saluran pencernaan yang disebabkan oleh virus, infeksi bakteri atau parasit.
  2. Penggunaan obat antibiotik
  3. Keracunan makanan
  4. Alergi terhadap makanan tertentu

Penyebab diae kronis

  1. Faktor makanan yang dikonsumsi, atau intoleransi makanan
  2. Infeksi yang disebabkan oleh parasit
  3. Penyakit infeksi usus ( inflammatorry bowel disease). 

Jangan panik, ini pertolongan pertama yang harus dilakukan ketika anak diare :

Hampir sebagian besar diare / mencrret pada anak disebabkan oleh gangguan virus. Lalu apa sajakah yang bisa para orang tua lakukan sebagai pertolongan pertama ? Para orang tua tidak perlu terlalu panik dan tergesa - gesa membawa anak ke dokter kecuali memang diarenya sudah terlihat terlalu parah. Pengobatan lebih diutamakan pada rehidrasi yaitu dengan memberikan minuman berupa cairan elektrolit untuk mencegah dehidrasi pada anak.

Tetap berikan asupan makanan dan minuman

Jika anak anda masih bayi dan menyusui maka terus berikan ASI kepadanya. ASI sangat penting untuk mengganti cairan yang hilang ketika anak diare. Apabila sudah tidak menyusu, berikan asupan nutrisi yang lain untuknya.

Makanan bernutrisi sangat penting untuk menjaga kadar elektrolit dalam tubuh anak yang sedang diare. Air memang merupakan pengganti cairan yang baik akna tetapi tidak mengandung garam dan elektrolit. Makanan bernutrisi seperti sup mengandung sodium sedangkan jus mengandung kalium yang abik untuk anak yang sedang kehilangan banyak cairan.

Larutan gula dan garam ( Oralit )

Untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang akibat diare, anda juga dapat memberikan anak larutan gula dan garam. Larutan ini bisa dengan mudah anda buat sendiri di rumah. Caranya adalah dengan melarutkan +- 6 sendok teh gula dan 1/2 sendok garam kedalam 1 liter air matang hangat. Untuk jaga-jaga ada baiknya jika anda menyediakan oralit di rumah. Oralit dapat dengan mudah ditemukan dan dibeli di apotik. Berikan larutan ini setiap anak selesai buang air besar.

Apabila anak mengalami diare yang disertai dengan muntah, berikan asupan cairan secara bertahap sedikit demi sedikit mulai dari satu sendok teh (5ml). Setelah itu anda bida menaikkan jumlahnya secara perlahan-lahan.

Obat alami untuk diare / mencret pada anak-anak

Ada banyak bahan alami yang bisa digunakan sebagai pengobatan diare pada anak. Anda bisa membuat obat tradisional ini sendiri di rumah, caranya mudah dan bahan-bahan alami yang digunakan pun tergolong mudah ditemukan di sekitar kita. Apa sajakah bahan alami itu, simak ulasanya berikut ini :

1. Daun Jambu biji


Pucuk daun jambu biji atau orang jawa biasa bilang pupus godong jambu sudah terkenal efektif untuk menghentikan diare, termasuk apda anak-anak. Obat tradisional ini sudah diwariskan secara turun temurun dan diketahui mampu menyembuhkan penyakit diare secara alami serta menghilangkan rasa sakit pada perut penderita.

Anda bisa langsung memberikan daun jambu biji yang sudah dicuci bersih kepada si kecil untuk dikunyah dan ditelan secra langsung. Apabila si anak masih belum bisa menelannya, anda bisa menumbuk pucuk daun jambu biji hingga halus lalu peras hingga mendapatkan 1 sendok makan, campur dengan sedikit garam dan berikan kepada si kecil.

Untuk anak yang masih menyusu ASI ekslusif, si ibu bisa mengkonsumsi pupus jambu biji ini seperti lalapan. Entah benar atau tidak, khasiat dari daun jambu biji ini akan tersalur ke sang anak melalui ASI yang diberikan. Saya sendiri sudah membuktikan dan alhamdulillah memang efektif untuk meredakan diare pada anak.

2. Kunyit


Kunyit juga merupakan rempah alami yang dikenal memiliki banyak khasiat salah satunya adalah meredakan diare. Membuat ramuan tradisional dari kunyit juga tidaklah terlalu sulit.







Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Mencret Pada Anak Usia 2 - 3 Tahun Dengan Obat Alami"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel